TEORI KONTEMPORER MOTIVASI (1)


1. Teori ERG

Clayton Alderfer dari Universitas Yale berargumen bahwa ada tiga kelompok inti – eksistensi, keterhubungan dan pertumbuhan- sehingga disebut teori ERG.

  • Kelompok eksistensi memperhatikan tentang pemberian persyaratan keberadaan materiil dasar kita, mencakup butir-butir yang oleh maslow dianggap sebagai kebutuhan psikologis dan keamanan.
  • Kelompok keterhubungan adalah hasrat yang kita miliki untuk memelihara hubungan antar pribadi yang penting yang menuntut terpenuhinya interaksi dengan orang lain
  • Kebutuhan pertumbuhan berarti hasrat intrinsik untuk perkembangan pribadi, yang mencakup komponen intrinsik dari kategori penghargaan Maslow dan karakteristik yang tercakup pada aktualisasi diri.

Perbedaan ERG dengan teori Maslow adalah ERG memperlihatkan bahwa lebih dari satu kebutuhan dapat berjalan pada saat yang sama. jika kepuasan pada kebutuhan tingkat lebih tinggi tertahan, maka hasrat untuk memenuhi kebutuhan tingkat lebih rendah meningkat.

 

2. Teori Kebutuhan McClelland

Dikemukakan oleh David McClelland. Teori ini berfokus pada tiga kebutuhan: prestasi, kekuasaan, dan kelompok pertemanan. Kebutuhan ini didefinisikan :

  • Kebutuhan akan prestasi: dorongan untuk unggul, untuk berprestasi berdasar  seperangkat dasar, untuk berusaha keras supaya sukses.
  • Kebutuhan akan kekuasaan: kebutuhan untuk membuat orang lain berprilaku dalam suatu cara yang sedemikian rupa sehingga mereka tidak akan berperilaku sebaliknya.
  • Kebutuhan akan kelompok pertemanan: hasrat untuk hubigan antarpribadi yang ramah dan akrab.

 

3. Teori Evaluasi Kognitif

Artinya membagi ganjaran-ganjaran ekstrinsik untuk perilaku yang sebelumnya secara intrinsik telah diberi hadiah cenderung mengurangi tingkat motivasi keseluruhan. Motivasi intrinsik seperti misalnya prestasi, tanggung jawab, dan kompetensi tidak bergantung pada motivator ekstrinsik seperti upah tinggi, promosi, hubungan penyelia yang baik, dan kondisi kerja yang menyenangkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *