KEPEMIMPINAN  


 

Pengertian

Kepemimpinan (Leadership) : kemampuan untuk memengaruhi suatu kelompok guna mencapai sebuah visi atau serangkaian tujuan yang ditetapkan.

 

3 Faktor penting dalam kepemimpinan yaitu :

  1. Orang yang memimpin
  2. Orang yang dipimpin
  3. Situasi yang dihadapi

 

Perbedaan Manajer dengan Pemimpin

Suatu organisasi membutuhkan kepemimpinan dan manajemen yang kuat agar efektivitasnya optimal.

  • Pemimpin untuk menghadapi status quo(memulai perubahan), menciptakan visi masa depan, dan menjadi inspirator bagi seluruh anggota organisasi; sedangkan
  • Manajer untuk merumuskan rencana yang mendetail, menciptakan struktur organisasi yang efisien, dan mengawasi operasi sehari-hari.

Menurut John Kotter dari Harvard Business School menyatakan bahwa :

  • Manajemen terkait dengan usaha untuk menangani kompleksitas.

Manajemen yang baik menghasilkan keteraturan dan konsistensi dengan mempersiapkan rencana formal, merancang struktur organisasi yang kuat, dan memonitor hasil berdasarkan rencana.

  • Kepemimpinan berkaitan dengan perubahan.

Pemimpin menentukan arah dengan cara mengembangkan suatu visi masa depan; menyatukan orang-orang dengan mengomunikasikan visi ini dan mengisnpirasi mereka untuk mengatasi berbagai rintangan.

Tidak semua pemimpin adalah manajer , dan tidak semua manajer adalah pemimpin. Manajer merupakan jabatan formal yang diberikan oleh organisasi untuk bisa memimpin.

 

 

Ciri-ciri Kepemimpinan Efektif dan kepemimpinan Tidak Efektif

Ciri-ciri kepemimpinan efektif

  1. Timbul rasa mantap pada diri bawahan, percaya pada kemampuan, reaksi puas dan peningkatan diri.
  2. Bawahan percata pada pemimpinnya.
  3. Tercipta hubungan kerjasama yang kondusif.
  4. Siap pecahkan masalah, tidak lari dari kenyataan.
  5. Merangsang dan mengembangkan pola piker yang berorientasi pada tujuan organisasi.

Ciri-ciri kepemimpinan tidak efektif

  1. Gaya kepemimpinan tidak sesuai dengan kebutuhan.
  2. Bawahan melaksanakan tugas dengan rasa terpaksa.
  3. Tujuan pribadi tidak sesuai dengan tujuan organisasi.

 

Teori Kepemimpinan

  1. Teori Sifat Kepemimpinan (Trait Theories of Leadership)

Teori-teori yang mempertimbangkan berbagai sifat dan karakteristik pribadi yang membedakan para pemimpin dari mereka yang bukan pemimpin. Teori ini mendominasi studi kepemimpinan sampai dengan akhir tahun 1940-an.

Adapun sifat-sifat kepemimpinan dikelompokkan ke dalam kerangka kepribadian Model Lima Besar yaitu :

  1. Ekstraversi
  2. Kemampuan bersepakat
  3. Stabilitas Emosional
  4. Sifat berhati-hati (Conscientinousness)
  5. Keterbukaan terhadap hal-hal baru (Openness to Experience)

Namun, dalam perkembangan terdapat sifat lain yang dapat menunjukkan kepemimpinan yang efektif yaitu Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence).

Kesimpulan terakhir dari teori ini yaitu ;

  • Sifat memang bisa memprediksi kepemimpinan
  • Lebih baik dalam memprediksi munculnya pemimpin bukan efektivitasnya.

 

  1. Teori Perilaku Kepemimpinan (Behavioral Theories of Leadership)

Teori-teori yang mengemukakan bahwa beberapa perilaku tertentu membedakan pemimpin dari mereka yang bukan pemimpin. Teori ini popular sampai akhir tahun  1960-an.

  • Kajian dari Ohio State University

Menemukan 2 dimensi penting dari perilaku pemimpin yaitu :

  1. Struktur awal (Initiating Structure)

Adalah tingkat samapai mana seorang pemimpin akan menetapkan dan menyusun perannya dan peran bawahannya dalam usaha mencapai tujuan.

  1. Tenggang rasa (Consideration)

Adalah  tingkat samapai mana seorang pemimpin akan memiliki hubungan professional yang ditandai oleh kesalingpercayaan, rasa hormat terhadap ide-ide anak buah, dan rasa hormat terhadap perasaan-perasaan mereka.

  • Kajian dari University of Michigan

Menemukan 2 dimensi penting dari perilaku pemimpin yaitu :

  1. Pemimpin yang berorientasi karyawan (Employee-oriented)

Menekankan hubungan antarpersonal; mementingkan kebutuhan  para karyawan dan menerima perbedaan-perbedaan individual di antara para anggota.

  1. Pemimpin yang berorientasi produksi (Production-oriented)

Seorang pemimpin yang menekankan aspek-aspek teknis atau tugas dari suatu pekerjaan tertentu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *